Operasional

6 Struktur Organisasi Startup yang Ideal

Konekzian sedang fokus untuk membentuk tim startup? Untuk menjamin kelangsungan startup dan menjaga agar semua hal berjalan lancar, Konekzian perlu membentuk struktur organisasi startup yang ideal.

Menurut buku ‘StartuPedia‘ karya Anis Uzzaman, struktur organisasi startup yang ideal terdiri dari CEO, CTO, CFO, CMO, COO, dan Wakil Presiden Penjualan. Lalu, apa saja sih tugas masing-masing struktur organisasi?

Konekzian bisa simak penjelasan lebih lanjut mengenai 6 struktur organisasi startup yang ideal di bawah ini!

CEO (Chief Executive Officer)

struktur organisasi startup
© pexels

CEO merupakan pemimpin dan perwakilan dari perusahaan. Dalam perannya, seorang CEO harus dapat merancang dan mengkomunikasikan visi dan misi perusahaan, merekrut dan memotivasi anggota tim, memprediksi tren pasar, menjalin hubungan baik dengan investor, serta mengatur biaya dan anggaran perusahaan.

CTO (Chief Technology Officer)

organisasi startup
© pexels

Meskipun termasuk ke dalam struktur organisasi startup yang ideal, posisi CTO sendiri biasanya baru diisi ketika kondisi startup sudah stabil. Ketika startup baru saja berdiri, posisi CTO biasanya diisi oleh Manajer Produk. Tanggung jawab seorang CTO sendiri antara lain menyatukan pengembangan produk, memahami dan mengadopsi perkembangan teknologi, serta mengelola pengembangan produk.

CFO (Chief Financial Officer)

startup organisasi
© pexels

Faktor biaya dan anggaran memang merupakan salah satu faktor yang krusial demi kelangsungan perusahaan, Konekzian. CFO adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengurus persoalan ini. Seorang CFO harus dapat membentuk strategi penggalangan dana, membuat keputusan terkait SDM perusahaan (misal: merekrut, memecat, menggaji, dan lain sebagainya), merumuskan dokumen keuangan, serta membahas kondisi keuangan perusahaan dengan CEO.

CMO (Chief Marketing Officer)

struktur organisasi bisnis rintisan
© pexels

CMO adalah pihak yang bertanggung jawab di balik citra perusahaan. Adapun beberapa tugas CMO adalah melaksanakan riset pasar, mengembangkan strategi pemasaran, menjaga citra perusahaan, dan PR campaign atau kampanye humas.

COO (Chief Operating Officer)

struktur organisasi bisnis
© pexels

Meskipun termasuk ke dalam struktur organisasi startup yang ideal, di masa awal berdirinya startup, tugas seorang COO bisa diambil alih oleh CEO. Ketika startup sudah stabil dan semakin besar, barulah COO perlu direkrut untuk dapat mengatur dan mengawasi kelangsungan operasional perusahaan. Tugas seorang COO sendiri adalah untuk mengatur perusahaan, sebagai pihak penghubung antara CEO dan karyawan, serta mengatur bisnis inti.

Wakil Presiden Penjualan

struktur ideal startup
© pexels

Wakil Presiden Penjualan bertugas untuk membantu perusahaan mencapai keuntungan. Tanggung jawab seorang Wakil Presiden Penjualan sendiri erat berkaitan dengan marketing dan penjualan, contohnya mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO serta memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan nilai tambah yang menarik.

Seperti kata Anis Uzzaman di buku ‘StartuPedia’, meskipun keenam struktur di atas adalah struktur organisasi startup yang ideal, Konekzian tidak perlu tergesa-gesa memenuhi keenam posisi tersebut. Konekzian bisa memulai dengan membangun tim yang tepat yang bisa mengembangkan bisnis startup di masa awal berdirinya. Konekzian juga bisa belajar ilmu startup lainnya secara lebih lengkap dengan download aplikasi Konekzy secara gratis di Google Play Store App Store. Tetap semangat membangun startup!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *