Marketing

5 Strategi Creative Marketing Untuk Startup

Avatar Facebook belakangan ini sedang viral. Banyak user facebook yang membuat avatar sesuai dengan karakter masing-masing. Tidak hanya tersedia sebagai avatar, facebook pun membuat avatar pribadi ini menjadi sticker. Tidak hanya diunggah di facebook, avatar ini pun diunggah ke media sosial lainnya. Pertanyaan-pertanyaan yang hampir sama ditanyakan seperti “Gimana cara buatnya?” atau “Dimana sih bikin avatar seperti itu?” Jawabannya? Tentu saja Facebook.

avatar facebook
© dokumentasi pribadi

Tahukah Konekzian bahwa yang dilakukan oleh facebook ini termasuk salah satu strategi creative marketing? Ada efek viral yang diciptakan oleh avatar facebook yang menciptakan juga referral ke platform facebook. Strategi creative marketing seperti ini bisa kita coba terapkan juga untuk startup kita, terutama buat early stage startup dengan budget marketing yang masih terbatas. Berikut ini Konekzy bagikan beberapa strategi creative marketing startup yang bisa Konekzian sesuaikan dengan bisnis model startup yang sudah kamu buat.

Program referal

strategi creative marketing startup
© unsplash

Tahukah kamu bahwa 92% orang lebih mempercayai rekomendasi personal dibandingkan strategi marketing lainnya? Hal ini juga didukung oleh riset dari McKinsey yang menyatakan bahwa word-of-mouth referral sukses membawa penjualan sebanyak 20-50%. Tujuan dari program referal adalah membuat customer “excited” dengan apa yang ditawarkan oleh startupmu dan mempromosikannya ke teman-teman mereka. Program referal juga digunakan oleh banyak startup sebagai strategi growth hacking.

Sticker gratis

marketing startup
© unsplash

Sticker menjadi salah satu cara memperkenalkan startupmu secara low cost dan high exposure. Walaupun terkesan sebagai strategi offline advertising, tapi sticker juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu strategi creative marketing startup, bahkan startup digital sekalipun. Hal ini yang dilakukan oleh founder Reddit, Alexis Ohanian yang menghabiskan $500 untuk membuat sticker sebelum website Reddit launching. Strategi membagikan sticker gratis juga dipakai oleh website The Penny Hoarder untuk mempromosikan artikel populer mereka.

Jangkau komunitas

strategi marketing
© unsplash

Saat Konekzian sudah paham tentang customer persona dari startupmu, menjangkau komunitas dapat menjadi salah satu strategi creative marketing. Caranya adalah dengan membagikan konten yang sesuai dan disukai. Strategi ini dilakukan oleh Dropbox yang membagikan video viral berisi penjelasan produk mereka yang membawa Dropbox mengalami pertumbuhan 70rb waiting list user dalam 1 malam.

Dengan menjangkau komunitas, kita juga belajar untuk tidak hanya fokus pada penjualan produk saja, tapi juga engagement dengan calon customer. Saat masuk dalam komunitas pun, Konekzian sebagai founder dapat berjejaring dan sharing tentang expertise yang dimiliki. Secara tidak langsung personal branding dari founder akan meningkatkan visibility dari startupmu.

Jadi pengguna paling aktif dari produkmu

marketing startup strategy
© pixabay

Sebagai founder, kamu pasti ingin mendapatkan traction (traksi) untuk startupmu. Konekzian bisa coba cara yang dipakai oleh founder Quora, Adam D’Angelo diwaktu awal mendirikan Quora. Selain membuat sendiri konten untuk situs yang dibuatnya, dia juga menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sendiri. Dia adalah pengguna paling aktif untuk startup yang dibuatnya.

Kolaborasi

strategy creative marketing startup
© pexels

Untuk melakukan kolaborasi, kamu harus kenal juga kompetitor sehingga bisa berkolaborasi dengan tepat. Carilah startup dengan niche market serupa yang punya user lebih besar dari startupmu. Kolaborasi bisa dilakukan dengan beberapa cara, contohnya:

  • Kolaborasi mengadakan event bersama (offline atau online)
  • Kolaborasi konten
  • Kolaborasi dengan menjadi sponsor untuk event
  • Kolaborasi dengan crowdfunding marketing

Nah, kira-kira strategi creative marketing startup apalagi yang Konekzian tahu dan sudah berhasil dicoba? Konekzian bisa sharing dan bertanya tentang strategi creative marketing startup di komunitas startup melalui aplikasi Konekzy. Aplikasi Konekzy bisa kamu download gratis melalui Google Play Store dan App Store! Tetap semangat membangun startupmu!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *