Founder & Cofounder

Sikap-sikap Founder Startup yang Harus Dimiliki

Founder startup adalah orang yang memiliki ide atau disebut juga orang yang mendirikan perusahaan itu dan bertanggungjawab penuh atas usaha yang dijalankannya. Menjadi Founder startup bukanlah perkara yang mudah namun juga bukan perkara sulit. Namun sikap-sikap founder startup itulah yang menentukan suksesnya sebuah startup yang sedang dibangun . Berikut tips sikap-sikap founder startup yang harus dimiliki agar Anda menjadi sukses:

Berani Membuat Keputusan

1. Berani Membuat Keputusan

Buatlah sebuah perencanaan yang matang sebelum bertindak. Namun jangan terlalu lama dengan pemikiran sendiri sampai akhirnya Anda ragu dengan keputusan yang akan diambil. Anda tidak perlu berlama-lama dalam memikirkan sebuah perencanaan yang pada akhirnya membuat waktu Anda terbuang. Sebaiknya Anda harus menghabiskan waktu lebih sedikit untuk memikirkan beberapa rencana dan menggunakan lebih banyak waktu melakukan solusi.

Apabila Anda belum terlalu yakin, jangan ragu untuk bertindak dan memperbaiki kekurangan dalam aksi Anda. Mengevaluasi dan menganalisan kesalahan sendiri akan lebih mudah dilakukan ketika Anda sudah melakukan tindakan yang tepat. Oleh sebab itu, keberanian dalam mengambil sebuah keputusan menjadi karakter penting yang harus dimiliki seorang Founder startup.

2. Jangan Menilai Uang Sebagai Faktor Utama Kesuksesan

Sikap-sikap Founder Startup yang Harus Dimiliki (3)

Salah satu faktor penting untuk membangun startup adalah dana. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan dana yang tercukupi akan membantu kelancaran jalannya sebuah perusahaan. Namun Anda perlu ketahui bahwa banyaknya dana yang dimiliki tidak menjamin kesuksesan sebuah perusahaan. Faktanya, kebanyakan bisnis hanya membutuhkan sedikit uang untuk memulainya. Justru dengan dana yang terbatas akan memberikan peluang memaksimalkan potensi Founder untuk menggunakan dana tersebut secara bijak. Founder bekerja lebih keras guna mengalokasikan dana untuk hal-hal yang memang paling diperlukan hingga akhirnya memetik hasil dari pemecahan masalah yang timbul.

3. Selalu Pikirkan Kebutuhan Konsumen

Sikap-sikap Founder Startup yang Harus Dimiliki (4)

Setiap Founder pasti memiliki impian besar terhadap bisnis yang dijalankan misalnya memiliki kantor yang bagus lengkap dengan segala fasilitasnya. Namun sebelum Anda berpikir jauh kesana, sebaiknya Anda perlu mematangkan produk dengan memastikan produk yang Anda tawarkan bisa memberikan solusi kepada konsumen atau customer. Selalu pikirkan keinginan konsumen Anda. Semakin Anda mendengarkan keinginan mereka maka semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Ingat, kesuksesan sebuah perusahaan tidak diukur dari seberapa bagus kantor yang dimiliki melainkan seberapa besar keuntungan dan manfaat yang bisa diberikan dan dirasakan oleh konsumen.

4. Habiskan Banyak Waktu Untuk Membuat Produk

Sikap-sikap Founder Startup yang Harus Dimiliki (5)

Hindari berpikir terlalu lama namun bertindak sedikit. Anda tidak harus selalu terpaku untuk memikirkan hal-hal detil sehingga Anda menghabiskan banyak waktu begitu saja. Menurut Pavia Rosati pendiri Fathom salah satu situs travelling yang dikutip dari Glints.com bahwa tips sukses yang dijalani selama ini justru harus berani move on dari hal-hal detil yang bisa menguras banyak waktu dan pikiran. Fokuslah merancang produk atau layanan terbaik Anda dan tentunya menarik dimata para konsumen untuk menggunakannya.


5. Jangan Sekali-kali Mengeluh

Sikap-sikap Founder Startup yang Harus Dimiliki (6)

Berani membangun startup maka Anda juga sudah harus men-setting pikiran Anda menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah. Tantangan pasti banyak namun dengan mempersiapkan diri dari awal akan menjadikan Anda seorang Founder yang menjadikan setiap tantangan sebagai peluang untuk terus belajar dan berkembang.

6. Hindari Kegiatan yang Membuang Waktu

Hindari Kegiatan yang Membuang Waktu

Menjadi Founder startup, Anda harus sudah mampu memilah mana kegiatan yang berguna untuk kemajuan startup Anda. Fokuslah melakukan hal penting demi kemajuan startup itu sendiri dan menggapai keuntungan semaksimal mungkin. Misalkan jika Anda memerlukan co-founder untuk melengkapi startup Anda, Anda dapat mencarinya di Konekzy sesuai dengan tips di sini . Selalu berfokus pada tujuan dan bertindak tanpa takut resiko yang akan terjadi karena membangun startup bukan untuk mencari-cari berbagai kemungkinan merugi atau keputusan beresiko tinggi. 

Semoga tips diatas bisa memotivasi Anda untuk menjadi Founder startup yang sukses ya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *