Tim

5 Cara Untuk Rekrut Tim Startup dan Mendapatkan The Dream Team!

Merekrut seseorang untuk masuk ke dalam tim startup tidak hanya sekedar mencari yang punya skill, tapi juga passion dan pengetahuan. Sayangnya kita tahu sendiri, tidak semudah itu rekrut tim startup dan menemukan yang cocok dengan budaya dan visi misi startupmu. Apalagi sebagai seorang founder yang membangun perusahaan dari nol, ada banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan.

Untuk mencapai impian membuat startup semakin besar dan berkembang, Konekzian perlu menemukan orang-orang terbaik untuk mengisi posisi yang tepat supaya bisa membangun tim startup yang solid. Nah kali ini Konekzy coba berikan beberapa cara tepat untuk merekrut tim startupmu.

1. Tentukan peran yang dicari dengan jelas

rekrut tim startup
sumber gambar: pexels.com

Salah satu kesalahan terbesar seorang startup founder saat merekrut tim yaitu tidak paham peran yang dibutuhkan. Di dunia startup, tekanan untuk mempekerjakan seseorang dengan cepat karena kebutuhan sangat sering terjadi.

Kadang Konekzian merasa sudah putus asa mencari anggota tim baru. Ingatlah untuk tidak terburu-buru, tentukan tujuan mengapa kamu ingin merekrut dan pahami peran serta deskripsi pekerjaan mereka untuk mendapatkan the perfect candidate.

2. Tidak hanya fokus pada gaji, namun memiliki passion dan suka tantangan

tips rekrut tim startup
sumber gambar: unsplash.com

Startup biasanya memulai dari nol dan untuk menjalaninya bukanlah hal mudah. Passion yang dimiliki tim akan sangat berpengaruh pada kinerja dalam bekerja. Carilah seseorang yang tidak hanya termotivasi oleh uang semata, tapi juga punya passion di industri startup yang sedang kamu bangun. Akan lebih baik lagi jika orang tersebut menyukai tantangan dan akan merasa puas saat dia sukses membantu membesarkan startupmu.

3. Di awal, coba tes kemampuan mereka

mendapatkan tim startup
sumber gambar: unsplash.com

Brearin Land, founder dari Levi-Wolfe Financial menyebutkan bahwa cara terbaik untuk merekrut tim adalah dengan menguji kemampuan mereka. Saat interview, hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pertanyaan secara mendadak.

Misalnya, kamu bisa meminta mereka menjelaskan mengapa mereka adalah orang yang paling cocok untuk posisi itu. Kamu juga bisa memberikan contoh-contoh kasus nyata dan meminta pendapat mereka. Dari sana, Konekzian bisa melihat apakah mereka punya skill berpikir cepat ketika dihadapkan pada sebuah tantangan saat nanti bekerja di startup.

4. Punya tanggung jawab yang tinggi

tim startup
sumbar gambar: pixabay.com

Sudah jelas bahwa calon timmu haruslah seseorang yang punya tanggung jawab tinggi. Banyaknya tantangan dan tuntutan kerja di startup terkadang membuat tim kehilangan passion bahkan moral. Tidak jarang banyak kisah drama yang kita dengar di dalam tim startup, mulai dari penipuan, pengkhianatan, pencurian, dll. Kamu harus pastikan untuk rekrut tim startup yang punya tanggung jawab dalam bekerja sesuai target bahkan ketika tidak diawasi.

5. Imbangi dengan apa yang bisa kamu berikan ke mereka

tim startup yang solid
sumber gambar: pixabay.com

Startup memang identik dengan kerja keras, bahkan bisa jadi kerja dengan gaji dibawah perusahaan-perusahaan besar. Itulah sebabnya saat kamu merekrut seseorang, pastikan kamu tetap bisa memberikan benefit bagi mereka agar mereka mau bergabung dengan startupmu.

Benefit tidak hanya berbicara tentang uang, kamu juga bisa memberikan mereka pelatihan sehingga mereka bisa mengembangkan skill. Jangan lupa juga untuk memberi hari libur sehingga mereka punya waktu luang untuk melakukan hal lain.

Nah itu tadi 5 cara rekrut tim startup! Konekzian bisa mulai rekrut tim untuk startupmu menggunakan aplikasi Konekzy yang bisa diunduh gratis di Google Play Store dan App Store. Pastinya kamu bisa bertemu dream team dengan lebih cepat! Semoga bermanfaat!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *