Tim

Membangun Tim Startup Yang Solid, Apa Rahasianya?

Berbicara mengenai bisnis startup tentunya tidak lepas dari pembahasan tentang tim. Dalam merintis startup ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah cara membangun tim yang solid bersama para foundersnya. Tidak bisa tercipta produk yang bagus jika tidak ada tim yang solid. Berikut ini Konekzy bagikan cara-cara untuk membangun tim startup yang solid.

1. Pembagian peran yang tepat

Pembagian peran yang tepat
Sumber: unsplash.com

Pembagian peran yang tepat untuk masing-masing tim akan mempengaruhi proses pertumbuhan startupmu. Konekzian bisa membagi peran masing-masing tim dengan melihat kemampuan atau keterampilan yang dimiliki. Dengan pembagian peran ini maka bisnis startupmu bisa beroperasi dengan lancar dan tercipta keselarasan dalam bekerja. Masing-masing tim juga harus bisa saling membantu dan melakukan improvisasi atas peran yang sudah dipercayakan. 

2. Menyamakan visi dengan co-founder / tim

Menyamakan visi dengan co-founder / tim startup
Sumber: unsplash.com

Perlu visi yang sama agar tahu kemana arah startup yang sedang dibangun. Sebuah startup tidak mungkin bisa beroperasi tanpa adanya kesamaan visi. Menyamakan visi tidak harus dimulai dari hal yang besar. Cobalah mulai dari hal-hal kecil, misalnya penambahan fitur produk, aplikasi/platform penunjang produktivitas yang akan dipakai, dll.

Selain itu, penting juga menyamakan visi tentang bagaimana membangun bisnis, budaya kerja, dan beberapa aspek krusial lainnya. Masing-masing tim perlu untuk saling menyatakan pendapat tentang visi pribadi, motivasi bergabung dengan startup, dll. Visi yang sama akan menjadi pegangan untuk membangun dan mengembangkan startup di masa depan.

3. Tetapkan prinsip dan aturan yang jelas

Bisnis startup
Sumber: unsplash.com

Saat Konekzian ada di fase awal membangun startup, kamu perlu menetapkan prinsip dan aturan yang jelas kepada tim. Contoh aturan yang jelas misalnya berapa jam alokasi waktu dalam 1 minggu untuk bersama-sama membangun startup. Tiap jam berapa di pagi hari harus memberikan laporan kerja, kapan waktu meeting mingguan juga penting untuk dikomunikasikan. Semua prinsip dan aturan tersebut harus diketahui masing-masing tim dan perlu dicatat agar satu sama lain bisa saling mengingatkan.

4. Membuat komitmen

Membuat komitmen startup
Sumber: unsplash.com

Pentingnya membuat komitmen adalah sebagai bukti bahwa satu sama lain bisa saling percaya. Sikap saling percaya tentunya akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman sehingga masing-masing tim bisa menjalankan perannya dengan baik. Konekzian bisa membuat komitmen apa saja yang perlu dibuat dan sudah didiskusikan terlebih dahulu dengan tim. Sebaiknya pun ada bukti otentik berupa dokumen tertulis dan selalu diperbarui secara berkala.

Begitulah beberapa rahasia untuk membangun tim startup yang solid. Kamu bisa mulai mencari tim untuk startup melalui kenalan, media sosial, event seperti 1000 startup digital atau melalui platform khusus startup seperti Konekzy. Build your dream team faster than ever!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *