Produk

7 Jenis Produk Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Konekzian pasti sudah tidak asing bukan dengan istilah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan? Teknologi AI yang pertama kali diperkenalkan melalui sebuah konferensi IPTEK di Dartmouth, Amerika Serikat pada tahun 1956 ini sudah bukan hal asing. Penerapan AI di kehidupan sehari-hari telah begitu nyata dan bahkan bisa menjadi dasar dari ide-ide startup unik, produk Artificial Intelligence pun sudah banyak terdapat di sekitar kita.

Konekzian yang ingin membangun startup dari ide sederhana boleh mempertimbangkan teknologi AI. Namun karena merupakan sistem komputer yang bisa bekerja dengan cerdas seperti apa yang manusia bisa lakukan, masyarakat memang masih takut untuk mengenal AI lebih jauh. Padahal, jenis produk Artificial Intelligence sendiri sebenarnya sudah banyak di sekitar kita. Apa saja?

1. Aplikasi Streaming Musik

membuat produk startup
© pixabay

Aplikasi streaming musik, seperti Spotify, tanpa kamu sadari sebenarnya termasuk dalam aplikasi dengan teknologi AI. Peran AI di sini adalah mempelajari lagu-lagu yang paling sering kamu dengarkan untuk mengetahui genre musik atau lagu-lagu yang menjadi favoritmu. Lalu, AI mengumpulkan lagu-lagu serupa ke dalam satu playlist. Aplikasi musik selanjutnya merekomendasikan playlist tersebut ke kamu sehingga kamu bisa coba mendengarkan lagu-lagu lain yang belum pernah kamu dengar.

2. Aplikasi Streaming Film

startup product
© pixabay

Seperti aplikasi streaming musik, aplikasi streaming film semacam Netflix juga menggunakan AI dengan tingkat akurasi tinggi pada teknologi prediksi berdasarkan reaksi pelanggan terhadap film. Oleh sebab itu, aplikasi bisa merekomendasikan sejumlah film berdasarkan film-film yang sebelumnya kamu tonton. Dengan begitu, kemungkinan bahwa kamu akan tertarik menonton film-film rekomendasi tersebut sangat besar.

3. Filter Pada Foto dan Email

macam macam produk startup
© pixabay

Fungsi filter pada foto dan email memang berbeda, tapi persamaan keduanya adalah pada penggunaan AI. Ada peran AI pada filter kamera yang mendukung transformasi wajah menjadi bentuk-bentuk yang lucu atau aneh. Begitu pula dengan filter email di Gmail.

Bagi pengguna Gmail pasti tahu persis bahwa di sana ada kategori-kategori khusus untuk email yang masuk, seperti utama, sosial, promosi, hingga spam. Agar email-email yang masuk dapat sesuai dengan kategori-kategori yang ada, filter pada Gmail menggunakan teknologi AI untuk fungsi tersebut.

4. Iklan di Sosial Media

cara membuat produk startup
© pixabay

Bagi kamu pengguna aplikasi Instagram, pasti pernah atau sering melihat iklan-iklan yang menarik perhatianmu dikala sedang asyik scrolling. Bukan suatu kebetulan jika iklan tersebut muncul di timeline-mu. Tanpa kamu sadari, AI sudah mengumpulkan data kebiasaan online-mu sehingga bisa memilih iklan yang tepat, memunculkannya di timeline, dan “memancing”-mu  membeli produk tersebut. Misalnya, kamu suka melihat-lihat akun toko pakaian online, maka iklan yang akan sering kamu jumpai di timeline tidak jauh-jauh dari berbagai toko online yang berhubungan dengan fashion.

5. Aplikasi Navigasi

produk startup
© pixabay

Produk AI lainnya adalah aplikasi navigasi atau GPS yang kini menjadi kebutuhan banyak orang ketika sedang bepergian. Tidak hanya menunjukkan lokasi sebuah tempat, tapi GPS juga dapat memberikan informasi jalur bebas macet sehingga kamu bisa sampai di tempat tujuan tepat waktu. Bahkan GPS kini bisa kamu andalkan untuk mengetahui secara real time apakah di lokasi tertentu terjadi kecelakaan supaya kamu bisa segera mencari jalur alternatif.

6. Aplikasi Ojek Online

produk artificial intelligence startup
© pixabay

Ketika membutuhkan transportasi atau ingin memesan makanan, kini bisa kamu lakukan tanpa harus repot mencari apalagi berjalan jauh. Hampir semua orang memiliki aplikasi ojek online di smartphone-nya dan kemudahan ini tak lepas pula dari peran AI. Mulai dari mencari driver paling dekat hingga menjumlah total pembayaran, semua ini menjadi praktis berkat teknologi AI.

7. Asisten Digital Pribadi

artificial intelligence
© pixabay

Pernah dengar tentang Alexa dan Siri? Amazon punya Alexa dan Apple punya Siri sebagai asisten digital pribadi. Begitu pula dengan Google yang memiliki Google Assistant. Ketiganya adalah contoh lain dari jenis produk AI yang akan memberimu informasi sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, seperti membantu mengirim pesan, menambahkan jadwal di kalender, atau memberi tahu petunjuk arah.

Bagaimana, Konekzian? Sudah terpikir ingin mengembangkan potensi produk Artificial Intelligence seperti apa untuk startup-mu? Agar produk dan model bisnismu masuk dalam kriteria pendanaan startup dari investor, pelajari juga hal-hal penting lainnya dalam membangun startup melalui aplikasi Konekzy. Download gratis Konekzy di Google Play Store & App Store. Tetap semangat membangun startup!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *