Pendanaan

Pitch Deck Dalam Bisnis Startup Itu Penting?

Istilah pitch deck dalam bisnis startup merupakan lembar informasi mengenai startup Anda saat melakukan presentasi (pitching). Dengan bantuan pitch deck, maka Anda bisa mempresentasikan detail produk atau layanan bisnis Anda kepada investor maupun audience seperti customer, partner bisnis dan lain sebagainya. Maka, sebelum Anda melakukan pitching, Anda harus mempersiapkan pitch deck dengan sebaik mungkin. Pitch deck yang Anda buat tentunya harus menarik, singkat dan jelas karena akan mempengaruhi progress bisnis Anda kedepannya. Beberapa aspek penting yang harus ada dalam pitch deck Anda adalah sebagai berikut:

  • Cover Slide

Dalam cover slide, Anda harus memberikan gambaran singkat tentang perusahaan yang akan Anda bangun dengan investor. Pastikan slide Anda mencantumkan nama perusahaan, logo dan tagline startup Anda.

  • Summary Slide

Pada ringkasan ini yang perlu Anda cantumkan adalah visi, misi, produk, target pasar, penekanan peluang bisnis dan cara meminimalisir resiko pasar dan produk termasuk ekseskusi. Berikan data dan informasi yang mendukung agar invetor tidak harus menunggu hingga slide terakhir.

  • Problem Slide

Pada slide ini Anda menjelaskan permasalahan atau problem yang biasa terjadi disekitar dan berkaitan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pancing emotional feeling audience Anda dengan memberikan uraian secara jelas dan detail.

  • Solution Slide

Setelah menjelaskan permasalahan yang terjadi, maka pada slide ini Anda menguraikan tentang solusi yang bisa didapatkan konsumen dari produk atau layanan startup Anda. Anda bisa menunjukkan perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan solusi dari produk / layanan Anda.

  • Product Slide

Saatnya Anda menjelaskan tentang produk Anda dan cara menggunakannya secara detail. Penjelasannya bisa dengan memberikan screenshot atau berupa video singkat pemakaian produk / layanan tersebut. Buat audience membayangkan pengalamannya saat memakai produk Anda.

C:\Users\laptop\Downloads\mark-516277_1920.jpg
  • Business Model Slide

Disini Anda menjelaskan bisnis model utama Anda untuk mendapatkan pemasukan yang potensial. Yang dimaksud pada slide ini adalah bagaimana Anda melakukan monetisasi. Anda bisa melampirkan bukti bahwa pelanggan bersedia membayar produk Anda. Artinya, produk Anda memang dibutuhkan. 

  • Market Opportunity Slide

Investor juga akan tertarik untuk mengetahui seberapa besar market Anda. Mereka ingin melihat sejauh mana Anda sudah berjalan dan seberapa banyak user yang sudah bergabung atau menggunakan produk Anda serta bagaimana penjualan produk Anda.

  • Competition Slide

Sebaiknya Anda memberitahu siapa saja yang menjadi kompetitor bisnis Anda karena hal ini akan membuat Anda terlihat kredibel dan rasional.

  • Growth Slide

Tunjukkan kemampuan Anda dalam mengeksekusi produk sehingga produk kompetitif yang baru muncul nantinya akan mendominasi pasar secara global. Tiga hal yang harus disampaikan di slide ini adalah akuisisi pasar, rentensi pasar dan inovasi produk.

  • Traction Slide

Aspek penting yang harus disampaikan secara detail dalam slide ini adalah risiko pasar, risiko eksekusi dan risiko produk.

  • Financial Slide

Berikan informasi mengenai perkiraan tentang pendapatan dan pengeluaran selama 3 tahun kedepan. Jumlahnya sebaiknya rasional juga memberikan keuntungan rasional.

C:\Users\laptop\Downloads\accounting-black-budget-53621.jpg
  • Team Slide

Memasuki bagian penutup, Anda bisa menunjukkan siapa saja orang yang berperan dibalik startup Anda.  Ceritakan secara singkat mengenai latar belakang, passion atau posisi mereka dan mengapa investor harus percaya pada mereka.

  • Funding Slide

Bagian ini menjadi momen untuk mendapatkan pinjaman dana. Berikan anggaran dana untuk 1 tahun pertama yang akan dibagikan ke bagian operasional baik teknis maupun non teknis. Anda berpeluang mendapatkannya jika Anda bisa memberikan penjelasan yang akurat bagaimana modal membuat bisnis Anda berjalan.

  • Summary Slide (Penutup)

Berikan rangkuman dari semua point pitch deck Anda secara singkat. Rangkuman ini menjadi kesimpulan tentang pitching Anda.

Salah satu pitch deck yang bisa Anda jadikan acuan adalah Airbnb. Pitch deck yang satu ini menjadi referensi yang populer di kalangan entrepreneur dunia ketika Airbnb berhasil memenangkan pendanaan sebesar US$600 ribu (sekitar 7,8 miliar) dari Sequoia Capital dan Y Ventures. Anda bisa mencontoh salah satunya yaitu pitch deck yang dibuat oleh Airbnb: https://pitchdeckexamples.com/startups/airbnb-pitch-deck. Pitch deck merupakan salah satu wujud penyampaian ide baik untuk ke calon co-founder, tim, maupun investor. Jika Anda belum menemukan ide Anda dapat melihat tips mencari ide dari sini https://konekzy.com/membangun-startup-dari-ide-sederhana/

Hal yang harus Anda ingat bahwa investor menginginkan keuntungan yang Anda berikan dari bisnis startup Anda. Mereka hanya memikirkan dua hal yaitu return atau pendapatan kembali dan risk atau risiko yang kemungkinan mereka dapatkan. Selamat mencoba!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *