Founder & Cofounder

Mentor Startup Apakah Penting untuk Startup Anda?

Dalam memulai sebuah bisnis startup, Anda tidak bisa bekerja sendirian maka Anda perlu mencari mentor startup adalah salah satu bagian dari tahapan penting membangun startup (misal dari acara seperti startup digital). Mentor startup itu ibarat guru yang akan membimbing Founder untuk mengembangkan bisnisnya. Dalam proses menthorship yang terjadi adalah proses learning dan development antara seseorang yang punya pengalaman lebih luas dengan seseorang yang ingin belajar. Bagaimana pentingnya mentor dalam startup? Berikut alasan penting memiliki mentor dalam membangun startup:

1. Mentor Membagikan Pengalaman Bisnis yang Inspiratif

Mentor adalah seseorang yang sudah lama terjun di dunia bisnis dan memiliki cukup banyak pengalaman bisnis yang bisa menginspirasi Anda. Anda bisa belajar banyak hal dari pengalaman bisnisnya misalnya strategi bisnis yang diterapkan dalam bisnisnya. Pengalaman merupakan aset berharga dan penting dalam kesuksesan bisnis startup Anda. Tidak semua pengetahuan ini bisa didapat dari buku. Seorang mentor bisa membagikan pengetahuan, pengalaman, kesalahan dan saran mengenai cara membangun startup yang kuat.

2. Mentor Akan Membimbing Langkah Anda dalam Berbisnis

Software Development, Guest Post, Content Writing

Ibaratkan pendakian gunung, tentu Anda membutuhkan seorang pemandu untuk bisa mencapai puncak. Sama halnya dengan memulai bisnis startup, Anda tentunya membutuhkan mentor untuk bisa mengembangkan dan mencapai tujuan bisnis Anda. Mentor bisnis dapat membimbing Anda dalam membuat rencana bisnis, berdiskusi dan memberikan arahan langkah apa yang sebaiknya Anda lakukan dalam perjalanan bisnis Anda.


3. Mentor Membantu Mengembangkan Jaringan Bisnis Anda

Network, Businessmen, Circuit, Networking, Human

Seorang mentor sudah banyak berkecimpung di dunia bisnis dan tentunya memiliki relasi bisnis yang cukup luas dan beragam. Anda sebagai perintis pastinya membutuhkan relasi bisnis untuk perkmbangan bisnis Anda. Hubungan baik dan akrab yang Anda jalin dengan mentor akan memudahkan Anda untuk bisa mendapatkan relasi bisnis dari mentor Anda. Dia tidak akan segan memberikan kontak relasi bisnis yang Anda butuhkan. Hal ini akan membuat Anda mempunyai akses untuk berkenalan dengan orang-orang penting di dunia bisnis.

4. Mentor Akan Memotivasi Anda di Masa Sulit

Mentor, Mentoring, Help, Hand, Give A Hand, Rescue

Ketika Anda mengalami kesulitan saat menjalankan bisnis startup, maka mentor akan berperan sebagai pendukung yang akan memberikan motivasi kepada Anda. Riset membuktikan, mentor yang berkualitas memiliki dampak positif yang kuat bagi pengusaha muda. Dengan adanya dukungan dari mentor sebagai tempat berbagi tantangan yang dihadapi, mentor bisa meyakinkan Anda dengan pengalaman yang dimiliki disaat Anda mengalami keraguan.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *