Strategi Bisnis

Mengenal TAM, SAM, SOM: Faktor Penting Keberhasilan Startup

Sudah tahu startup seperti apa yang ingin kamu buat? Sudah tahu sisi unik bisnis model startup yang ingin kamu tawarkan? Untuk kesuksesan sebuah startup, market size atau jumlah individu yang berpeluang menjadi konsumen dari jasa atau produk yang kamu tawarkan berperan besar meningkatkan potensi berhasilnya bisnis. Untuk itu, kamu harus mengenal TAM, SAM, SOM.

Kalau market size kecil, konsumen jadi lebih sedikit, dan hati-hati karena startup-mu bisa exit atau gagal jika sudah begitu. Ini jadi alasan mengapa peluncuran produk maupun jasa bisa terlaksana dengan baik setelah market size kamu tentukan. Untuk ukuran pembagian pasar, Konekzian perlu mengenal TAM, SAM, SOM. TAM, SAM, SOM juga menjadi kriteria pendanaan startup dari investor.

TAM (Total Adressable Market / Total Available Market)

tam sam som adalah
© pixabay

Istilah TAM merujuk pada jumlah seluruh permintaan pasar untuk jasa atau produk dari startup-mu. Dengan kata lain, setiap konsumen yang membeli atau menggunakan produk dan jasa dari startup-mu disebut dengan TAM. TAM tidak mencakup faktor-faktor yang berpotensi menghentikan penjualan produk ke pasar seperti faktor geografis maupun kompetitor. Rumus hitung TAM yang bisa kamu pakai adalah pendapatan rata-rata kali jumlah konsumen dari seluruh target pasar.

SAM (Segmented Addressable Market / Served Available Market)

tam sam som
© pixabay

SAM adalah bagian dari TAM yang nantinya menjadi target pasar startup-mu. Perusahaan harus lebih dulu menentukan jenis produk atau jasa, ketersediaan teknologi, dan kondisi geografis. Supaya lebih mudah, variabel-variabel ini bisa kamu pakai untuk menentukan target pasar:

  • Geografi : Target konsumen tinggal di mana?
  • Demografi : Berapa usia target konsumen? Pekerjaan? Jenis kelamin? Jenjang pendidikan? Jumlah penghasilan?
  • Sosial-Kultur : Seperti apa budaya di wilayah target konsumen?
  • Psikografi : Seperti apa kebiasaan dan perilaku mereka?

SOM (Share of Market / Serviceable Obtainable Market)

tam sam som startup
© pexels

SOM adalah bagian dari SAM yang lebih kecil tapi penting supaya kamu bisa tahu data permintaan konsumen. Pangsa pasar adalah istilah lain untuk SOM. Tanda pasar yang bagus adalah adanya kompetitor atau saingan. Kalau hanya ada 1 produk, 1 produsen, tapi banyak konsumen, ini disebut pasar monopoli.

Dalam 1 industri, bisa terdapat beberapa produk yang sejenis dengan produkmu. Ini menyebabkan tidak semua orang di industri tersebut kemudian menjadi konsumenmu. Ada sebagian orang yang memilih produk lain dibandingkan produkmu. Sebagian lainnya yang membeli produkmu itulah yang dinamakan SOM.

mengenal tam sam som
© pexels

Misalnya kamu punya 2 kompetitor. Cara menghitung keuntungan produk yang terjual adalah 100% / 2 = 50%. Kalau ditambah dengan startup-mu, ada 3 produk yang tersedia sebagai pilihan bagi konsumen. Tapi karena startup-mu masih baru, bisa sampai di angka 30% mungkin masih sulit.

Tidak usah terlalu buru-buru ingin mencapai keuntungan besar di awal. Dari 2 kompetitor tersebut, bisa mengambil setidaknya 5% saja artinya sudah ada 10% market yang berhasil kamu amankan. Jika segmen pasar bisnis kamu misalnya ada 30rb konsumen potensial, kalikan 10% supaya bisa dapat 5rb konsumen.

Metode Pengukuran Market Size

tam sam som contoh
© pexels

Sebagai penentu market size startup, Konekzian bisa pakai 2 pendekatan, top-down (up-to-bottom) dan bottom-up (bottom-to-up).

1. Metode Top-Down (Up-To-Bottom)

Metode ini membutuhkan data ekonomi lengkap yang berhubungan dengan industri bisnismu. Pertama-tama, kamu harus sudah punya kriteria target market. Kemudian hitung perkiraan TAM dan buat rencana target wilayah untuk pemasaran produk. Susul dengan penghitungan SAM dan SOM.

2. Metode Bottom-Up (Bottom-To-Up)

Kalau startup-mu sudah mulai jalan, kumpulkan data-data dari sisi permintaan konsumen. Misalnya kamu membuat edutech untuk siswa SD (Sekolah Dasar). Kamu harus tahu kisaran jumlah siswa SD di Indonesia dan berapa banyak yang sudah beralih ke sekolah daring. Dalam market sizing, penting untuk memperhatikan beberapa poin ini:

  • Lakukan interview ke banyak orang, terutama pihak-pihak terkait dengan produksi dan konsumen
  • Tulis seluruh asumsi perhitungan market size
  • Simpan dengan baik seluruh data yang terkumpul karena kamu pasti memerlukannya nanti saat akan mengevaluasi atau merevisinya

Bagaimana, Konekzian? Setelah mengenal TAM, SAM, SOM, sudah siap mengukurnya untuk market size startup-mu? Selain menemukan co-founder yang tepat dan bangun startup bersama, belajar lebih detail lagi tentang strategi bisnis startup dengan aplikasi Konekzy! Konekzy dapat kamu download gratis Konekzy di Google Play Store App Store. Tetap semangat membangun startup!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *