Tim

6 Cara Jitu Menjaga Kekompakan Tim Startup, No. 5 Kunci Utamanya!

Dalam membangun startup, seorang founder pasti akan membutuhkan tim untuk membantu mengembangkan bisnis startup. Nah, jika Konekzian sudah merekrut anggota tim, maka selanjutnya Konekzian harus menjaga kekompakan tim startup! Hal ini penting, karena kekompakan tim menentukan keberlangsungan serta keberhasilan bisnis itu sendiri.

Agar tim startup-mu tetap solid, Konekzian bisa simak 6 cara jitu untuk menjaga kekompakan tim startup di bawah ini. Sst… Nomor 5 kunci utamanya, lho!

1. Ciptakan Budaya Kerja yang Berkelas

© pexels

Kebanyakan orang akan merasa lebih betah dan bersemangat jika bekerja dengan budaya yang ramah, profesional, dan berkelas. Untuk itu, sebagai founder, sudah sepantasnya Konekzian berusaha membangun budaya kerja yang mendukung kinerja tim, sehingga motivasi dan kekompakan tim akan tetap terjaga.

2. Menyelenggarakan Rapat dan Diskusi Secara Rutin

© pexels

Seperti halnya tim dalam bidang lain, komunikasi antar anggota memegang peranan penting dalam menjaga kekompakan tim startup. Beberapa cara untuk mempermudah komunikasi antara lain dengan menyelenggarakan rapat dan diskusi secara rutin. Dengan demikian, founder dan anggota tim lain dapat mengetahui kendala maupun permasalahan yang sedang dihadapi dan dapat bersama-sama memikirkan solusinya.

3. Menjadwalkan Agenda Makan Siang Bersama

© pexels

Meskipun terlihat sepele, menyusun agenda makan siang bersama atau agenda lain yang tidak berkaitan dengan pekerjaan akan mempererat rasa kekeluargaan di dalam tim startup! Konekzian bisa juga mengganti agenda makan siang bersama dengan game night yang tidak kalah menyenangkan.

4. Melibatkan Tim dalam Segala Hal yang Berkaitan dengan Bisnis

© pexels

Sebagai founder, Konekzian harus tetap menanamkan pentingnya keterbukaan terhadap anggota tim. Oleh sebab itu, seorang founder tidak bisa merahasiakan update terkait produk maupun keberlangsungan perusahaan. Dengan bersikap terbuka dan selalu melibatkan anggota tim dalam segala hal yang berkaitan dengan bisnis, anggota tim akan merasa bahwa founder mempercayai mereka dengan penuh. Selain itu, melibatkan anggota tim juga merupakan salah satu validasi atas andil mereka dalam perkembangan bisnis.

5. Selalu Ingatkan Visi dan Misi yang Ingin Dicapai

© pexels

Dalam mengembangkan startup, apalagi early stage startup, tentu ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Tidak jarang hambatan tersebut menurunkan motivasi dan kekompakan tim. Oleh karena itu, seorang founder harus mampu mengembalikan semangat anggotanya, salah satunya dengan selalu mengingatkan visi dan misi yang ingin dicapai oleh tim dan perusahaan. Hal ini akan membuat tim kembali termotivasi untuk mencapai target tersebut.

6. Melangkah Maju Bersama-sama

© pexels

Seorang founder dan pemimpin yang baik bukan seseorang yang hanya memerintah dari belakang. Tetapi, seorang founder dan pemimpin yang baik adalah seseorang yang mau bekerja bersama-sama dan saling memotivasi anggota tim-nya. Dengan saling bahu-membahu mengembangkan bisnis startup kamu, beban akan terasa lebih ringan dan tim akan menjadi semakin kompak!

Selain 6 cara di atas, masih banyak lagi cara yang bisa Konekzian lakukan untuk menjaga kekompakan tim startup kamu, lho! Konekzian bisa belajar lebih banyak soal tim startup lewat aplikasi Konekzy yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store App Store. Tetap semangat membangun startup!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *