Tim

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Tim Startup

Semua orang punya waktu 24 jam dalam satu hari. Tapi, tidak semuanya dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Demikian juga di startup. Dengan jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) yang masih terbatas dan beban kerja tinggi, tim yang produktif menjadi sesuatu yang penting untuk startup. Apakah itu salah satu resolusi 2021-mu sebagai founder? Berikut ini 5 cara meningkatkan produktivitas tim startup. Apa saja?

1. Jadilah Contoh Lebih Dulu

produktivitas tim
© pixabay

Yap, sebagai founder, Konekzian harus jadi contoh lebih dulu, dalam etos kerja dan manajemen waktu. Kalau kamu saja belum bisa jadi contoh yang baik untuk timmu, jangan harap tim bisa produktif dalam pekerjaan mereka. Kamu bisa coba menerapkan productivity hacks untuk startup founder supaya hari-harimu lebih produktif.

2. Coaching, Not Directing

tips produktivitas startup
© pixabay

Menyelesaikan masalah di startup sesegera mungkin adalah tugas seorang founder. Tapi, cobalah untuk tidak menyelesaikannya sendiri atau memberi perintah untuk tim dalam menyelesaikan masalah (directing). Adopsilah pendekatan coaching: dengarkan dan bertanya. Seorang leader yang baik membantu tim untuk menyelesaikan masalah tanpa menyuruh mereka. Dengan demikian, kamu juga sedang melatih tim memiliki problem solving skills. Inilah salah satu rahasia membangun tim startup yang solid.

3. Komunikasi Adalah Kunci

cara meningkatkan produktivitas tim
© unsplash

Sebuah penelitian dari Rembrand Koning, dkk. menyatakan bahwa startup yang punya kinerja maksimal adalah yang founder-nya turun langsung dalam manajemen tim. Dengan setumpuk pekerjaan yang harus selesai dengan cepat, terkadang manajemen tim sering menjadi nomor dua. Tidak jarang terjadi berbagai masalah atau salah paham dalam tim karena kurangnya komunikasi. Komunikasi yang baik adalah salah satu cara meningkatkan produktivitas tim.

4. Jadwalkan Waktu Berkualitas Dengan Tim

cara meningkatkan produktivitas tim startup
© pixabay

Feedback adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas tim. Tidak ada feedback akan membuat tim berasumsi bahwa pekerjaan mereka sudah baik. Sediakanlah waktu berkualitas dengan tim secara berkala untuk berdiskusi dan memberikan feedback. Salah satu founder yang melakukan ini adalah CEO Twitter, Jack Dorsey yang punya tema harian dalam 1 minggu sebagai salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas tim. Jack Dorsey sudah menetapkan hari-hari khusus untuk berdiskusi dengan tim marketing, desain, developer, dll.

5. Pastikan Anggota Tim Memiliki Work-Life Balance

tips produktivitas
© unsplash

Startup identik dengan jam kerja lemburnya sehingga banyak tim startup tidak punya work-life balance. Hal ini sering dimaklumi karena SDM dan modal yang masih terbatas. Pengarang buku Rework, Jason Fried & David Heinemeier Hansson – founder dari Basecamp menyatakan bahwa ketika kita kekurangan waktu bahkan bekerja di akhir Minggu, maka itu adalah kesalahan kita sendiri. Ada banyak hal yang bisa dipangkas supaya tim bisa menjadi lebih produktif, salah satunya adalah melakukan meeting dengan efisien.

Ternyata banyak cara untuk meningkatkan produktivitas tim, Konekzian! Kamu pun bisa lebih produktif dengan memakai aplikasi Konekzy. Dapatkan dukungan di komunitas startup. Ajukan pertanyaan dan dapatkan jawaban untuk permasalahan yang sedang kamu hadapi di startup. Download gratis Konekzy di Google Play Store App Store. Tetap semangat membangun startup!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *