Pendanaan

Cara Mendapatkan Pendanaan Startup: 3 Tips Penting

Salah satu hal yang menjadi perhatian utama dalam mendirikan startup adalah cara mendapatkan pendanaan atau funding. Dalam dunia startup, sumber pendanaan biasanya mengandalkan dua sumber pendanaan, yaitu tabungan pribadi founder (bootstrapping) serta pendanaan eskternal dari investor. Berikut ini 3 tips penting yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan pendanaan startup!

Investment Pitch Deck

Investment pitch deck adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan pendanaan startup
© pexels

Investment pitch deck merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan pendanaan startup. Founder perlu merangkum konsep startup dengan matang ke dalam sebuah model presentasi guna mendapatkan pendanaan dari investor. Model presentasi inilah yang disebut dengan investment pitch deck. Tujuan dari investment pitch deck sendiri adalah untuk menjelaskan secara singkat soal startup kamu kepada investor yang potensial.

Riset Pasar

Riset pasar penting dilakukan untuk menemukan investor yang tepat
© pexels

Sebelum memulai startup, founder perlu melakukan riset pasar. Hal ini merupakan cara yang penting untuk menentukan investor yang tepat. Melalui riset pasar, founder harus mampu mengidentifikasi produk yang akan ditawarkan, memetakan orientasi pasar dan kondisi demografis, serta memprediksi kondisi perusahaan di masa mendatang.

Riset pasar juga penting untuk meyakinkan investor. Sebab, para investor biasanya akan cenderung memilih berinvestasi dengan startup yang menawarkan ide startup unik dan berbeda dari kompetitor yang lain.

Legalitas Perusahaan

cara mendapatkan pendanaan startup
© pexels

Investor biasanya memilih untuk memberi suntikan dana kepada startup yang tidak memiliki masalah perizinan dan permasalahan di aspek legal lainnya. Legalitas perusahaan sendiri sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan investor dan konsumen.

Jadi bagaimana, Konekzian? Sudah siap mencari investor untuk startup-mu? Konekzian juga bisa belajar membangun startup dari nol dengan aplikasi Konekzy. Download gratis Konekzy di Google Play Store App Store.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *