Produk

Mendaftarkan Domain Startup? Begini caranya!

Salah satu hal wajib dalam membangun startup adalah mendaftarkan domain startup Anda. Namun sebelum memutuskan domain yang ingin digunakan, pastikan Anda memiliki hak atas domain yang Anda pilih. Hal ini guna menghindari adanya pelanggaran hak merek atas domain yang Anda gunakan. Dikutip dari forbes.com preferensi yang kuat dalam memilih domain adalah domain.com dibandingkan dengan alternatif seperti .net, .org, .biz .us, .fr, .info atau ekstensi domain lain. Pelanggan biasanya mengaitkan nama .com dengan bisnis yang mapan. Untuk perusahaan startup sendiri, ada 2 domain yang pas dan bisa Anda pertimbangkan yaitu .site dan .space. Umumnya kedua domain tersebut digunakan untk membangun sebuah company profile dan personal branding. (dikutip dari domainesia.com)

Apa Saja Langkah-Langkah Mendaftarkan Domain Startup?

  1. Buat daftar domain yang diinginkan

Sebelum mendaftarkan domain startup Anda, buatlah 5 atau 10 daftar nama domain yang Anda inginkan. Saat membuat variasi nama domain, pertimbangkan untuk memasukkan nama bisnis Anda dengan menambahkan kata kunci khusus industri dan menggunakan ekstensi .com.

  • Mulai dari nama bisnis Anda. Lihat apakah nama bisnis Anda tersedia sebagai domain.
  • Teliti kata kunci yang relevan. Anda bisa menggunakan alat kata kunci seperti Wordtracker atau Ubersuggest untuk menemukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi yang sinkron dengan bisnis Anda. Jika nama bisnis tidak tersedia pertimbangkan dengan menambahkan kata kunci ke domain bisnis Anda untuk membuatnya unik.
  • Gunakan penanda lokasi. Untuk bisnis yang sebagian besar adalah pelanggan lokal atau negara bagian sebagai bagian dari nama domain dapat berguna bagi pelanggan yang mencari produk / layanan Anda di area tertentu.
  • Pilih esktensi .com. Ekstensi domain adalah yang muncul setelah bagian utama domain Anda (www.yourbusiness.com).
Image: pexels.com

2. Temukan dan daftarkan domain Anda

Setelah memiliki daftar nama domain teratas, silakan daftarkan salah satunya. Ada 2 cara untuk mendaftarkan domain startup Anda:

  • Daftarkan nama domain tanpa hosting web dengan menavigasi ke registrar seperti Bluehost dan klik ‘domain’ lalu menemukan dan memilih nama domain bisnis Anda.
  • Anda juga bisa mendapatkan nama domain gratis dengan web hosting. Nama domain gratis biasanya tersedia sebagai bagian dari paket hosting web. Jika tertarik dengan opsi ini, Anda bisa masukkan nama domain yang diinginkan. Jika tersedia, nantinya akan diarahkan ke halaman pendaftaran. Jika tidak, maka Anda akan melihat pesan yang menyatakan domain tidak tersedia untuk pendaftaran sehingga Anda bisa mencoba kembali dengan variasi lain.
Image: pixabay.com

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *