Strategi Bisnis

Ingin Jadi Entrepreneur Sukses? Ini 9 Cara Memulai Bisnis Startup untuk Pemula

Apakah kamu salah satu dari banyak orang yang tengah kebingungan tentang cara memulai bisnis startup, padahal ide-ide startup unik sudah ada di kepala? Memulai bisnis memang tidak selalu mudah dan lancar meski sudah punya modal besar, ide unik, dan motivasi yang tinggi.

Jika ingin memulai dari nol, Konekzian sebaiknya menambah pengetahuan tentang cara memulai bisnis, terutama bila belum memiliki pengalaman. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu intip untuk mendirikan sebuah bisnis maupun memperbesar peluang bisnismu saat ini.

1. Menentukan Bidang Bisnis

cara memulai bisnis
© unsplash

Kamu sudah tahu bisnis apa yang ingin kamu dirikan? Fashion, kuliner, properti, atau bahkan digital startup? Akan lebih mudah memulai bisnis jika kamu sudah yakin bidang apa yang ingin kamu tekuni. Bidang bisnis yang kamu bangun tidak harus sesuai dengan bidang saat kamu kuliah, namun lebih baik jika kamu punya passion dan pengalaman terkait bidang tersebut.

2. Menentukan Visi dan Misi

menjadi entrepreneur
© unsplash

Sudah punya partner bisnis atau cofounder? Ketika kamu sudah menemukan cofounder yang tepat dan membangun startup bersama, pastikan kamu dan partner-mu menentukan visi dan misi bisnis diawal. Visi dan misi bisnis adalah kunci penting dalam memulai bisnis karena kamu akan dapat menentukan juga kelebihan bisnismu dibandingkan dengan bisnis lainnya. Menentukan visi dan misi juga membuat promosi bisnis ke masyarakat menjadi lebih mudah.

3. Membuat Rencana Bisnis

membuat rencana bisnis
© pixabay

Perencanaan bisnis adalah salah satu cara memulai bisnis yang bisa kamu lakukan. Dalam merencanakan bisnis, kamu bisa mengawalinya dengan menyiapkan nama untuk startup-mu serta modal usaha. Setelah itu, kamu dapat membuat rencana biaya operasional startup. Selain itu, target pendapatan, target konsumen atau buyer persona, daftar kompetitor, daftar kolaborasi, alur produksi produk, hingga target dan strategi marketing juga perlu kamu sertakan dalam rencana bisnis startup-mu.

4. Melakukan Survey

menjadi entrepreneur sukses
© pixabay

Dari membuat perencanaan, kamu bisa maju selangkah lagi dengan melakukan survey yang meliputi survey lokasi, survey harga, survey konsumen dan lain sebagainya. Melakukan survey lokasi sangat penting ketika kamu ingin mendapatkan tempat yang nyaman dan strategis untuk membuka sebuah usaha. Tapi, jika bisnismu menggunakan teknologi digital untuk operasionalnya, kamu tidak perlu melakukannya.

Mengetahui siapa saja kompetitormu pun tidaklah cukup, kamu juga perlu mengetahui harga produk di pasaran. Sementara itu, survey konsumen akan membantumu memahami target konsumen serta kebutuhan mereka.

5. Menentukan Lokasi Bisnis

lokasi bisnis startup
© unsplash

Dari hasil survey, kamu bisa mulai pikirkan dan tentukan lokasi bisnismu. Karena sebuah lokasi bisnis merupakan tempat beroperasinya kegiatan menghasilkan jasa atau barang, kamu perlu memilih lokasi yang strategis. Walau bukan penentu utama keberhasilan sebuah bisnis, lokasi yang strategis adalah faktor penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Di masa kini, kamu pun bisa memanfaatkan semua teknologi digital jika berencana untuk membuat digital startup.

6. Memerhatikan Proses Produksi

entrpreneur startup
© pexels

Kamu perlu tahu apa dan bagaimana tahap produksi produk atau jasa yang kamu hendak tawarkan. Menentukan supplier, menetapkan standar kualitas produk (model, bahan dasar, komposisi, kelebihan produk, dan lainnya), dan menyiapkan produksi cadangan untuk berjaga-jaga apabila peluncuran produk di awal menuai kesuksesan adalah bagian-bagian penting yang kamu harus perhatikan.

7. Mempersiapkan Branding

branding startup
© pexels

Cara memulai bisnis lainnya yang kamu perlu tahu adalah persiapan dan pengoptimalan branding. Di awal, kamu bisa menggunakan metode online untuk memperkenalkan produkmu melalui strategi content marketing startup. Perkenalan produk secara online lebih efektif dan efisien karena rata-rata calon konsumen sebelum memutuskan membeli produkmu akan melakukan pencarian produk secara online, terutama melalui media sosial.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah membuat logo perusahaan maupun produk yang kamu akan luncurkan, warna khas, tipografi, website yang mudah dan menarik untuk konsumen akses, serta template visual yang kreatif. Dengan kamu membuat website dan berbagai media sosial, kamu bisa meningkatkan kepercayaan para calon konsumen.

Agar konsumen lebih mudah mengenal dan mengakses produkmu, penggunaan user persona dan e-commerce pun bisa kamu terapkan. Namun ketika kamu menggunakan website, media sosial, maupun e-commerce, pastikan ada tim yang kamu percaya untuk aktif di seluruh media promosi ini supaya upaya marketing tidak tersendat.

8. Mementingkan Konsumen

cara mengembangkan bisnis
© pixabay

Meningkatkan pelayanan konsumen adalah prioritas, seperti meningkatkan kualitas produk, memperluas area pengiriman, menyediakan customer service live chat 24 jam, dan menawarkan metode pembayaran yang bervariasi. Kamu bisa melakukan hal-hal tersebut terutama jika dari awal sudah banyak orang berminat terhadap produkmu. Saat konsumenmu merasa termanjakan dengan pelayananmu, ini menjadi salah satu faktor yang akan meningkatkan penjualan.

9. Mengembangkan Bisnis

cara mengembangkan bisnis startup
© pexels

Kalau kamu sudah berhasil memulai bisnis dengan baik dan penjualan produkmu stabil atau bahkan terus meningkat, ini saatnya mengembangkan bisnismu. Rencanakan produk atau layanan baru untuk kamu luncurkan berikutnya. Pilihan produk yang lebih bervariasi dari startup-mu akan meningkatkan keuntungan bisnismu.

Nah, apakah Konekzian sudah siap menerapkan cara-cara memulai bisnis tersebut? Jangan lupa, membangun tim startup yang solid juga sebuah kunci penting agar bisnismu berkembang pesat! Jika Konekzian ingin belajar lebih banyak lagi agar perjalanan startup lebih baik, download aplikasi Konekzy gratis di Google Play Store App Store. Kamu pun bisa bergabung dalam komunitas bersama startup enthusiasts lainnya. Tetap semangat membangun startup.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *