Pendanaan

4 Kriteria Pendanaan Startup Dari Investor

Startup tetap banjir investasi selama pandemi. Kata Data mencatat bahwa ada 81 investasi startup di masa pandemi dari Q1-Q3 tahun 2020. Walaupun mengalami penurunan, kenapa masih banyak startup yang mendapatkan pendanaan walaupun perekonomian akibat pandemi masih tidak stabil? Melansir dari Kata Data, berikut ini 4 kriteria pendanaan startup dari investor, apa saja?

1. Sektor Industri

pendanaan startup 2021
© pixabay

Sektor industri yang bisa tumbuh selama dan setelah masa pandemi jadi primadona investor. Jumlah pasar yang besar dan terus berkembang juga menjadi pertimbangan. Beberapa industri favorit adalah Fintech, Edutech, SaaS (Software as a Service), Healthtech, Retail, Logistik, dan e-Commerce. Startup kesehatan bahkan diperkirakan akan menjadi startup unicorn Indonesia selanjutnya.

2. Kualitas Founder

kualitas founder startup
© pixabay

Kualitas seorang founder jelas menjadi salah satu kriteria investor untuk memberikan pendanaan. Founder yang bisa membangun tim yang solid, punya resiliensi menghadapi ketidakpastian resesi ekonomi, dan ada track record yang bagus cenderung lebih mudah mendapatkan pendanaan. Selain itu, startup dengan co-founder lebih menarik bagi investor daripada startup dengan solo founder.

3. Diversifikasi

startup investment
© pixabay

Banyak startup tutup di tengah pandemi. Diversifikasi menjadi kata kunci, baik dalam produk, model bisnis, segmen pelanggan, dll. Tidak heran kalau sejak tahun lalu kita banyak melihat startup besar bahkan unicorn mengeluarkan produk baru serta menyasar target market baru. Startup-mu juga mau melakukan strategi yang sama?

4. Model Bisnis yang Jelas

pendanaan startup indonesia
© pixabay

Resesi ekonomi juga membuat investor menjadi lebih selektif dalam memberikan dana. Startup dengan bisnis model dan exit strategy yang jelas punya nilai lebih di mata investor. Selain itu, startup pun harus bisa efisien dalam menggunakan dana dari investor. Investor juga cenderung memilih startup dengan pendanaan lanjutan (sudah pernah mendapatkan pendanaan sebelumnya).

Bagaimana, Konekzian? Startup-mu sudah siap mencari investor? Atau kamu baru saja akan membangun startup? Belajar dulu membuat startup dari nol dengan aplikasi Konekzy. Download gratis Konekzy di Google Play Store App Store. Tetap semangat membangun startup!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *